Prabumulih— Selasa, 15 November 2022

Pemerintah Kota Prabumulih tak henti-hentinya menekan angka stunting atau gizi buruk balita. Bersama Tim Penggerak (TP) PKK Kota Prabumulih, Pemerintah Kota Prabumulih memotivasi orang tua agar memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya dengan mengadakan Lomba Balita Sehat Tingkat Kota Prabumulih. Acara digelar di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Selasa (15/11/2022). Lomba Balita Sehat diadakan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, yang jatuh tepat pada 12 November 2022. 

Lomba Balita Sehat merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan TP PKK Kota Prabumulih.

Kegiatan Lomba Balita Sehat ini dibuka secara resmi oleh Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM. 

Lomba diikuti oleh 27 peserta, dibagi berdasarkan kategori bayi usia 6-24 bulan sebanyak 18 peserta serta balita usia 2-5 tahun sebanyak 9 peserta yang berasal dari 9 puskesmas se-Kota Prabumulih dan 8 Tim Penilai gabungan dari PKK Kota Prabumulih, Dokter Anak & Dokter Gigi RSUD Kota Prabumulih, Kepala Biro Konsultasi Psikologi Reanda, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dan Anggota PERSAGI Kota Prabumulih.

TP PKK Kota Prabumulih bersama Dinas Kesehatan Kota Prabumulih sangat mengapresiasi Kegiatan Balita Sehat ini karena menjadi sebuah upaya dan ikhtiar Pemerintah untuk mencegah stunting di Kota Prabumulih, sehingga proses tumbuh kembang anak menjadi optimal menuju terciptanya keluarga bahagia dan berkualitas.

Kriteria penilaian Balita Sehat Tingkat Kota Prabumulih Tahun 2022 ini meliputi: Status gizi, pemeriksaan fisik seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan gigi dan gusi, serta pemeriksaan tahapan perkembangan anak mulai usia 2-5 tahun.

Adapun harapan dari Kegiatan Lomba Balita Sehat ini adalah untuk memotivasi para orang tua dengan tujuan mempersiapkan anak di Kota Prabumulih yang sehat dan produktif, dan meningkatkan pengetahuan orang tua dalam setiap tumbuh kembang balita, serta meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Prabumulih Ir. Hj. Suryanti Ngesti Rahayu